Pangkalpinang ~~~Ketika mau di konfirmasi terkait produk Air minum dalam kemasan merek VIZ yang air nya Bau dan terasa amis sehingga membuat Konsumen nya sakit perut dan Mual mual manajer VIZ Zamzani malah menyalahkan toko yang menjual atas produk yang bermasalah tersebut,
“Ini salah toko ” tulis nya lewat pesan wa yang tersebar Seharusnya, manajer bertanggung jawab atas produk yang mereka kelola dan mencari solusi, bukan mencari kambing hitam.
Menurut Evan Satriady Secara umum, manajer memiliki tanggung jawab utama terhadap produk yang mereka kelola.
Mereka seharusnya proaktif dalam mengidentifikasi masalah, mencari akar penyebabnya, dan mengambil tindakan perbaikan, bukan melempar kesalahan.
Jika ada masalah pada produk, manajer seharusnya berkomunikasi secara terbuka dengan tim terkait dan pihak perusahaan untuk mencari solusi bersama bukan menyalahkan toko penjual maupun Konsumen Selain itu, ini juga bisa merusak reputasi perusahaan di mata pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.
Dilanjutkan Evan Manajer harus melakukan evaluasi internal untuk memahami akar penyebab masalah pada produk.
Apakah ada masalah dalam , produksi, pemasaran, atau faktor lain?
Karena seorang Manajer harus bertanggung jawab atas produk yang mereka kelola.
Jika ada kesalahan, mereka harus mengakui dan mengambil tindakan perbaikan daripada mencari kesalahan, manajer harus fokus pada solusi dan perbaikan produk.
Menyalahkan toko yang menjual produk bermasalah adalah tindakan yang tidak profesional dan kontraproduktif. Manajer seharusnya mengambil tanggung jawab, melakukan evaluasi, berkomunikasi secara terbuka, dan fokus pada solusi untuk memperbaiki masalah produk bukan mencari kambing hitam.
Editor. : (rizky.f)
